Ilustrasi.

Kampanye Damai

Setelah penetapan Capres dan Cawapres serta pengundian nomor urut pasangan calon, proses Pemilu akan memasuki masa kampanye mulai 23 September 2018. Secara teknis, kampanye elektoral berarti upaya untuk memengaruhi  proses pengambilan putusan pemilih, yang dilakukan dengan menawarkan visi, misi, program dan/atau citra diri kandidat.

Menarik bahwa dalam pengundian nomor urut kemarin, kedua pasang calon menegaskan komitmen pada pelaksanaan kampanye damai. Komitmen tersebut mestinya bukan sekadar retorika politik kosong makna. Kedua pasang calon, termasuk tim kampanye dan pendukung masing-masing, tidak boleh menguarkan politik kebencian dan memicu permusuhan yang dapat mendorong konflik horizontal.

Dalam UU Pemilu sendiri ditegaskan bahwa kampanye elektoral adalah bagian dari pendidikan politik. Artinya, selain menonjolkan citra diri kandidat, materi kampanye juga harus mencerdaskan pemilih. Larangan tentang hasutan, kekerasan, dan gangguan terhadap ketertiban umum juga terang termaktub dalam Pasal 280 UU Pemilu. Hal ini turut menjamin fairness dalam penyelenggaraan Pemilu.

Berkaca pada Pemilu sebelumnya, kampanye terbuka dan penggunaan media sosial adalah yang paling rentan memicu konflik. Kampanye terbuka biasanya diikuti pengerahan massa dalam jumlah besar, yang berpeluang menghasilkan gesekan antar-pendukung. Sedangkan anonimitas media sosial kerap dijadikan selubung untuk menguarkan politik kebencian, terutama berbasis perbedaan identitas.

Para kandidat harus menimbang secara serius bahwa setiap kekuasaan menuntut legitimasi. Tidak ada legitimasi dalam kemenangan Pemilu yang diperoleh secara culas dan curang. Sebaliknya, dukungan massa pemilih dapat jatuh pada kandidat yang berkampanye secara empatetik, bukan kehilangan simpati karena termakan ambisi kekuasaan.

Arif Susanto, analis politik Exposit Strategic
[email protected]

Share this entry:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *