Korupsi Politik

Korupsi [Partai] Politik

Partai-partai politik terus terjerat korupsi. Gejala ini akan terus berulang sejauh tidak terdapat perubahan mendasar dalam infrastruktur politik nasional. Pertama, pelembagaan politik di tubuh Parpol lemah. Salah satu bentuknya adalah buruknya otonomi kelembagaan, karena Parpol bergantung pada sentralitas ketokohan elitenya. Hal ini terkait dengan faktor kedua, yaitu budaya patronase.

Dengan pemusatan kekuasaan dan kuatnya personalitas, elite Parpol leluasa mengembangkan patronase. Mereka berdagang pengaruh dalam relasi tidak seimbang antara patron dan klien. Sebagai patron, elite politik menjadi sumber distribusi kuasa; sedangkan kliennya bersedia memberikan upeti atau bentuk-bentuk lain dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan kekuasaan.

Pemusatan kekuasaan dan patronase tersebut berkelindan dengan faktor ketiga, yaitu lemahnya kontrol dan pengawasan. Setiap kekuasaan membutuhkan kontrol sebagai perimbangan, tetapi dengan struktur memusat, kekuasaan yang tidak terawasi ketat memunculkan potensi kuat penyalahgunaan. Kasus-kasus korupsi politik merupakan manifestasi kombinasi ketiga masalah inheren Parpol.

Hal lain yang harus pula disorot adalah buruknya komunikasi politik dengan massa. Hubungan Parpol berikut elitenya dengan massa berlangsung temporer; menguat menjelang Pemilu dan menguap setelahnya. Lebih daripada itu, relasi ini juga ditandai oleh ketergantungan massa terhadap elite Parpol, yang antara lain dibangun dari politik uang berbiaya tinggi.

Apakah pendanaan Parpol oleh negara dapat menghapuskan korupsi politik? Sebelum bicara pendanaan, ada baiknya untuk memperbaiki struktur dan kultur dalam internal Parpol. Tanpa perubahan mendasar tersebut, alih-alih membiayai Parpol, pendanaan negara berpotensi disalahgunakan untuk membiayai aktivitas politik elite tanpa pencerdasan politik bagi massa pemilih.

Arif Susanto, Analis Politik Exposit Strategic
[email protected]

Share this entry:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *