Makna Strategis Pilkada 2018

Pilkada 2018 memiliki makna tambahan strategis sebagai ‘pemanasan’ menuju Pilpres 2019. Pertama, provinsi-provinsi besar di Sumatera, Jawa, Sulawesi, maupun Kalimantan kali ini turut memilih pemimpin mereka. Ini merupakan wilayah-wilayah yang, selain memiliki jumlah penduduk banyak, juga memiliki pengaruh signifikan terhadap konstelasi politik nasional secara umum.

Kedua, konfigurasi koalisi di daerah-daerah berkontribusi pada konfigurasi koalisi di tingkat pusat. Pengalaman Pilkada DKI Jakarta menunjukkan polarisasi politik dapat mengerucut dalam tiga poros koalisi. Meski berlainan pada masing-masing wilayah, terdapat kecenderungan bahwa koalisi pada level nasional dan koalisi serupa pada level daerah saling memengaruhi.

Ketiga, hasil Pilkada berdampak pada problem pelik konsolidasi kekuasaan pemerintahan. Selain pertarungan politik di tingkat pusat sangat dinamis, sebagian pemerintah daerah memiliki logika politik mereka sendiri. Pilkada 2018 akan menjadi pertaruhan bagi pemerintah untuk membuktikan kinerja mereka sekaligus batu uji bagi peluang Jokowi untuk bertarung kembali pada Pilpres 2019.

Tantangan serius bagi kemenangan dalam Pilkada adalah kombinasi antara menemukan pasangan yang padu dan menggerakkan mesin politik bekerja optimal. Yang pertama karena reputasi figur memberi sumbangan penting bagi keterpilihan. Yang kedua karena hanya bekerjanya mesin politik, baik melalui Parpol maupun Ormas, menjamin popularitas kandidat terkonversi menjadi elektabilitas.

Dengan kondisi ini, ada beberapa hal perlu diwaspadai. Pertama, propaganda bernuansa SARA yang memperkuat polarisasi politik berbasis identitas. Kedua, penyalahgunaan birokrasi sebagai instrumen pemenangan kontestasi politik. Ketiga, merebaknya korupsi politik bersama politik uang sebagai alat mobilisasi pemilih. Keempat, imparsialitas KPU dan Bawaslu demi memastikan Pemilu yang fair.

Arif Susanto
[email protected]

Share this entry:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *