Pilkada

Pilkada Serentak 2018 dan Makna Srategisnya

Pilkada serentak 2018 memiliki makna strategis lebih kuat karena hasil kontestasi kekuasaan pada level daerah ini berpengaruh besar terhadap konfigurasi politik nasional, terutama menjelang Pemilu 2019. Penjajakan koalisi pun cenderung mereplikasi pola koalisi pada level pusat, seperti dilakukan Gerindra, PKS, dan PAN di 5 provinsi. Artinya pula, sedang terjadi rekonfigurasi politik yang mengarah perkubuan diametrikal, serupa menjelang Pemilu 2014.

Jika dikaitkan dengan Pilpres 2019, saat ini tidak ada yang lebih populer dibandingkan Jokowi dan Prabowo. Sementara, jarang terdapat koalisi alternatif yang mampu bersaing dengan koalisi pimpinan PDIP atau Gerindra di berbagai daerah. Hal ini akan membuat Pilkada serentak 2018 terasa beraroma persaingan politik kedua kubu, yang pada level nasional begitu sengit.

Dari sisi jumlah pemilih, Pilkada serentak di Pulau Jawa juga akan menjadi pertaruhan penting untuk membaca kecenderungan pemilih pada Pemilu 2019. Total suara pemilih di Jabar (32,8 juta), Jateng (27,4 juta), dan Jatim (30,9 juta) saja setara 47,9% suara pemilih nasional pada Pilpres 2014 (190,3 juta). Maka, memenangi Jawa akan memberi tambahan kepercayaan diri untuk memenangi Pemilu 2019.

Jika seluruh pemilih Pilkada serentak 2018 tercatat 158 juta, sementara pada Pemilu 2019 jumlah pemilih diperkirakan 197 juta, artinya lebih 80 persen calon pemilih pada Pemilu 2019 diperebutkan suaranya dalam Pilkada mendatang. Ini juga akan membuat partai-partai berlomba untuk memenangi kontestasi kekuasaan, yang dipercaya mempermudah tugas mereka pada 2019 nanti.

Namun, menimbang situasi politik di berbagai daerah saat ini, konfigurasi koalisi bukanlah penentu tunggal kemenangan pasangan calon kepala daerah. Sebab, hal itu juga bergantung pada kombinasi pasangan berikut tingkat ketokohan mereka, jaringan Parpol dan Ormas sebagai pendulang suara, ekspose media yang memengaruhi elektabilitas, dan terakhir tawaran program mereka.

Arif Susanto
[email protected]

Share this entry:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *