Politik Kaum Milenial

Politik Kaum Milenial

Pada 2019 mendatang, Generasi Y yang juga dikenal sebagai Generasi Milenial berkemungkinan memiliki peran menentukan hasil Pemilu. Pertama, mereka yang lahir sekitar dekade 1980-an hingga awal 2000-an tersebut diperkirakan mencapai lebih 40% dari total pemilih. Kedua, mereka adalah generasi berwawasan yang juga memiliki perhatian terhadap isu-isu publik.

Berbagai survei sebelum ini menunjukkan kecenderungan bahwa pemilih Jokowi, termasuk di kalangan Milenial, lebih banyak dibandingkan pemilih Prabowo. Namun, distribusi pemilih Prabowo lebih banyak di kelompok muda dibandingkan kelompok lebih tua. Masih mungkin berubah, situasi ini memberikan tantangan bagi tim kampanye masing-masing pihak untuk mendulang dukungan Generasi Milenial.

Generasi ini secara umum memiliki karakter creative, confidence, dan connected. Hal ini dapat memberi energi baru bagi politik Indonesia menjadi lebih segar, lebih terbuka, dan lebih partisipatoris. Potensi tersebut hanya mungkin meningkatkan kualitas demokrasi jika elite dan massa terlibat deliberasi politik, bukannya mempertengkarkan perbedaan identitas atau hal-hal lain yang cenderung superfisial.

Strategi kampanye politik jelas harus menimbang karakter tersebut ketimbang gaya lama sekadar menonjolkan ketokohan dalam struktur yang paternalistik.Tim kampanye harus datang dengan gagasan-gagasan politik dan mengembangkan model komunikasi dialogis, termasuk melalui pemanfaatan massif teknologi internet berikut platform media sosial di dalamnya.

Yang tidak kalah penting adalah strategi intervensi komunikasi untuk mengembangkan keterlibatan sosial. Di dalamnya, diskursus dan pengembangan opini dilakukan memanfaatkan modal sosial berupa jaringan komunikasi, kepedulian, dan kesediaan untuk berpartisipasi. Dengan cara ini, Generasi Milenial tidak sekadar didulang suaranya, tetapi juga didorong keterlibatan sosialnya.

Arif Susanto, analis politik Exposit Strategic
[email protected]

Share this entry:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *