Ilustrasi.

Review Debat Keempat Capres

Debat keempat dalam rangkaian proses Pemilu presiden-wakil presiden pada 30/3/2019 nyaris tidak memunculkan hal baru. Debat dimulai dengan ritme yang lebih lambat dibandingkan debat Jokowi-Prabowo terdahulu, tetapi cukup dinamis saat membahas isu pertahanan dan keamanan. Secara umum performa Jokowi kurang optimal, sedangkan performa Prabowo cenderung stagnan.

Dalam isu ideologi, keduanya bersepaham dan menegaskan komitmen bahwa Pancasila sebagai dasar negara merupakan konsensus nasional yang perlu dipelihara. Menyangkut isu pemerintahan, Jokowi bermain pada tataran program yang lebih konkret. Prabowo, seperti biasa, mendeskripsikan problem-problem pemerintahan, tetapi gagap memberikan alternatif solusi lebih baik.

Terkait isu pertahanan keamanan, kelemahan-kelemahan klasik pemerintahan dapat dieksploitasi Prabowo. Namun, lagi-lagi tidak tersedia alternatif kebijakan yang memadai. Menyangkut isu hubungan internasional, Jokowi menggemakan identitas sebagai negara Muslim dengan prioritas diplomasi perdagangan dan perlindungan WNI. Prabowo, sebaliknya, tampak kurang berkembang dengan kritik yang berulang dan ketidakmampuan memberikan alternatif kebijakan.

Jika dibandingkan performa terdahulu, Jokowi tampak semakin tangkas tampil di panggung debat, meskipun artikulasinya masih perlu ditingkatkan. Sementara, performa Prabowo nyaris tidak berubah. Selain sulit mengendalikan emosinya, serangan Prabowo lebih mirip skeptisisme ketimbang kritisisme. Hal ini tampak mengafirmasi hasil berbagai survei yang menunjukkan marjin pada kisaran 20% antara elektabilitas Jokowi dan elektabilitas Prabowo.

Publik pemilih masih menunggu tawaran lebih baik dalam kampanye-kampanye terbuka dan kejutan-kejutan dalam debat terakhir sebelum mereka mencoblos pada 17 April 2019 nanti.

Arif Susanto, Analis Politik Exposit Strategic
arifsusanto@expositstrategic.com

Share this entry:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *